MA’AFKAN AKU IBU


MA’AFKAN AKU IBU

Ditulis Oleh:
» Eky Andie Firmansyah.

***
Pagi yg cerah, langitpun terlihat begitu indah, diiringi kicauan burung dan kabut2 yg menghiasi gunung, menambahkan keindahan panorama didesa itu,

Namun demikian,
Bagi sepasang kaka beradik Eky dan Andie,
pagi itu adalah pagi yg sangat menyedihkan serta memilukan,
Bagaimana tidak!
Disaat semua teman seusianya berangkat sekolah,
Eky dan Andie yg baru saja duduk di kelas 3 SMA ini justru harus menelan kisah pilu,
Pagi itu, Eky dan Andie harus membantu sang ibu yg tengah mempersiapkan pemakaman sang ayah yg meninggal akibat penyakit jantung yg sudah lama dideritanya,

Apa mau dikata, takdirpun tak dapat ditolak, bahkan menangis sejadinyapun takan mampu mengembalikan Sang Ayah sekaligus tulang punggung keluarga itu berkumpul kembali ketengah2 mereka,

Jangankan harta, sepeser uangpun tak ada yg ditinggalkan oleh sang ayah, karna memang mereka berasal dari keluarga yg tak mampu,
Bisa sekolahpun mereka karna mendapat keringanan biaya dari pemerintah.

Hanya satu pesan terakhir yg terlontar dari bibir sang ayah yaitu
“ JAGALAH IBU ”

***
Kata2 itulah yg selalu diingat oleh sepasang kaka beradik Eky dan Andie Ini,
Mereka berjanji akan selalu menjaga serta membahagiakan sang ibu sesuai pesan terakhir dari almarhum sang ayah,

***
1 tahun telah berlalu,
Sepasang kaka beradik Eky dan Andie ini pun telah lulus dari sekolah menengah atas (SMA)
Dan merekapun ingin sekali melanjutkan pendidikannya kejenjang yg lebih tinggi,
Namun apa daya, impian tinggalah impian, cita2 menjadi seorang sarjana pun harus terabaikan karna masalah dana,

***
Namun semua itu tak akan mampu membuat mereka menyesal ataupun membenci sang ibu hanya karna tak mampu mewujudkan cita2 mereka menjadi sarjana,
Bagi mereka,
Apapun yg terjadi, ibu adalah ibu,
Sosok wanita yg wajib dicintai dan dihormanti, bukan untuk di sakiti.

Bahkan, Kedua kaka beradik Eky dan Andie ini selalu berkomitmen untuk selalu membuat sang ibu tersenyum.

***
Walaupun begitu,
Banyak sekali cita2 kedua kaka beradik Eky dan Andie ini,
Selain mengangkat derajat keluarga,
Merekapun ingin sekali bisa menopang semua kebutuhan hidup untuk sang ibu,

Oleh karna itu,
Dengan berat hati, Eky dan Andie pun terpaksa meninggalkan sang ibu dikampung untuk merantau kekota mengandalkan ijazah SMA demi sebuah pekerjaan,

Alhasil,
Dengan tekad dan kerja keras, akhirnya Eky dan Andie pun mendapatkan pekerjaan yg layak, bahkan mungkin bisa dibilang cukup.

***
Meski begitu,
Eky dan Andie pun tidak pernah lupa akan ibunya yg berada di kampung halaman,
Sebulan sekali mereka selalu mengirimi uang untuk kebutuhan sang ibu,

Entah sudah berapa banyak uang yang selalu mereka kirimkan untuk sang ibu,
Bahkan ketika mereka mendengar kabar klw sang ibu tengah sakit,
Eky dan Andie tak segan2 untuk meminjam uang kepada majikannya untuk dikirim kembali kekampung,
Dan pastinya untuk biaya pengobatan sang ibu.

***
Rindu tinggalah rindu,
5 tahun sudah mereka terpisah dengan sang ibu,
Bahkan Untuk pulang menemui sang ibu pun seolah tidak bisa karna pekerjaan yg sangat disiplin dengan waktu.

Sampai pada suatu malam ketika mereka berdua sedang melepas lelah dari semua kesibukan, tiba tiba

Ibuuuuuuuuuu…
Andie menjerit histeris memangil sang ibu hingga suaranya membangunkan Eky kakanya yg tengah tertidur pulas,

Andie… Kenapa kamu dik, tanya Eky dengan nada kagetnya,

Aku mimpi bertemu dengan ibu ka,,, sepertinya ibu rindu sekali pada kita
Jawab Eky seadanya,

Sudahlah dik… Jangan terlalu difikirkan, mimpi itu cuma bunganya tidur saja , mungkin kamu kecapean, kita tidur lagi ya, hibur Eky sambil menarik kembali selimut yg dipakainya,
Dan akhirnya keduanyapun kembali tertidur pulas.

Namun aneh,
1 jam kemudian, mimpi itu justru mendatangi Eky,
Dia melihat Sang ibu datang dan memanggilnya penuh dengan kerinduan,

“naaak… Pulang naaak, temui ibu, ibu rindu sekali pada kalian naaak…

Ibuuuuuuuuuuuuu…..
Jerit Eky yg terbangun dari tidur lelapnya,

Ada apa ka… Tanya Andie adiknya yg ikut terbangun karna jeritan Eky kakanya yg begitu keras.

Besok pagi kita pulang kekampung halaman dik. Mungkin mimpi kamu tadi benar, ibu sudah sangat rindu pada kita, jawab Eky dengan raut sedihnya,

Kaka yakin kita akan pulang kekampung halaman ka, jawab Andie dengan nada senang,

Ia dik, kita akan pulang besok pagi pagi sekali, jawab Eky lagi sambil berjalan menuju lemari bajunya.


***
Setibanya dikampung halaman. Eky dan Andie pun segera menuju ke salah satu rumah gubuk yg pernah mereka tempati 5 tahun silam,

Merekapun sengaja tidak mengetuk daun pintu rumahnya, dan berharap ini adalah suatu kejutan buat sang ibu,

Berlahan mereka membuka pintu dan memasuki gubuk itu,

Kenapa ibu tidak ada ka….. Bisik Andie pada Eky kakanya,

Ssstttttt… Mungkin ibu dibelakang rumah dik, jawab Eky pelan,

Kemudian merekapun berlahan berjalan menuju bagian belakang rumah, namun ketika dilihat, sang ibu juga tidak berada disana,

Akhirnya merekapun kembali ke depan rumah untuk menunggu sang ibu tiba.

Namun Beberapa menit kemudian. Ketika Eky dan Andie sedang duduk menunggu kedatangan sang ibu.
Tiba2 datanglah seorang wanita tua yaitu tetangganya menghampiri mereka dengan membawa sebuah amplop.
Kemudian wanita tua itupun bicara seadanya.

Naak… Ini ada ampolop titipan dari ibu kalian. 3 bulan yg lalu ibu kalian meninggal

Tidaaaaakkkkkk… Eky dan Andie pun menangis, dan menjerit sejadinya mendengar kenyataan yg menimpa mereka.

Kemudian dibukanya amplop tersebut,
Yg Ternyata isinya surat dan sejumlah uang.
Tanpa memperdulikan uang, Eky dan Andie pun langsung membaca surat tsb.

Isi surat:
Eky….. Andie…..
Kalian adalah anak yg berbakti pada ibu nak,
ibu sayang sama kalian,
Kalian selalu memenuhi semua kebutuhan ibu selama ini,
ibu bangga sama kalian,
Uang ini adalah hasil kiriman dari kalian,
Ibu salut sama kalian,

Tapi kalian sudah salah nak!
Bukan uang yg ibu harapkan dari kalian,
Bukan permata ataupun barang barang berharga,
Tetapi yg ibu harapkan adalah kasih sayang yg tulus dari kalian,
Seperti ibu menyayangi kalian sedari kecil…

Penyesalam memang selalu datang terlambat,
Tak banyak kata yg mereka ucapkan menyaksikan kenyataan pahit itu,
Hanya 1 kata yang terlontar dari bibir mereka diiringi tangis yg tersedusedan,
“MA’AFKAN AKU IBU”
Walaupun kata itu sudah terlambat diucapkan.

************

the end

Buat yg baca!
Semoga bisa menjadi hiburan yg bermanfaat,
Silahkan tinggalkan komentar kamu di sini. Karna satu komentar saja bisa menunjukan seberapa besar cinta kamu ke ibu.
“I love you mom”

wassalam:

Eky Andie Firmansyah

Categories: Uncategorized | 27 Komentar

Navigasi pos

27 thoughts on “MA’AFKAN AKU IBU

  1. sang pengembara

    jd ingat ma ibuku.

  2. selamat hari ibu….I LOVE n ALWAYS I MISS U MOTHER

  3. Циїэ

    Hiks…Ibu sgalanya bwt kita…..:'(
    Kasih sayangnya tak terbatas….
    I love My Mom…..

  4. agus

    jadi sedih

  5. ibu,, aku mencintaimu melebihi aku mencintai diriku sendiri, maafkan aku jika selama ini hanya menyusahkanmu, i love you mom,,

    semua cerpen loe bikin gw nangis ndi, tapi gw suka,
    semoga selalu ada insfirasi buat loe ya, good job,,,

  6. hidup tak akan berarti tanpa adanya seorang ibu,
    suka bgt sama alur ceritanya, sangat menyedihkan sekali tapi memberikan pelajaran buat sipembaca agar tetap bisa menghormati ibu,,
    lanjutkan karyanya ya ndi…..

  7. Lieliekz

    Emg bnr kata pepatah.,”kasih ibu sepanjang jalan”..mpe detik terakhir pun msh menyayangi qt..
    Sm0ga qt bs ambil hikmah dr crta ne..
    Trz b’karya dd q…success always be with u..

  8. Senja

    IBU BERLIAN YANG BERKILAU

  9. Sesuatu banget. .setiap ketikan jarimu selalu menyentuh hatiku. Aku yang jauh dari ibu. .terasa rindu kian menggebu. .SAYANGI DAN KASIHI IBU. .selagi kita masih BERSAMA. .I MISS U . .IBU❤

  10. Choll Laghi Laghi

    HIKS,,NAGIS LAGI

  11. Choll Laghi Laghi

    LAGI NANGISSSSSSSSSS,,HUKS

  12. tery sa william

    hikz….langsung keinget ibuku…
    aku yg sekarang jauh dari ibu…komunikasi cuma lwt telpn n YM….
    tp aku sering marah2 bila keinginanku gak sesuai dg keinginan ibuku…
    aku gak mau menyesal kayak MEREKA….hikz…

    I LOVE U MOM…. janji gak akan marah2 lagi….maafin anakmu….hikz..

  13. cwex anneehh

    ku dah 2 x baca kok andie yg lain gtu sesekali yg akhirnya bahagia bosen klu sedih mulu heeeeeee

  14. valentino arfiandi thegun's

    :.
    šєℓάмάт siank šðвάт,
    тeтep seмдиgдт диd
    sдLдм ќöмpдќ seLдLц

  15. maya sweety

    Mya salut am kmu dnie jd nangs dech mya
    I love mom🙂

  16. Gadiez Sénjæ Lembayunk

    sesibuk apa pun kita, luang kan wakt untk keluarga. Andie gmn punya kbr ? Ada apa lgi dgan km, ? Mudah2an km sehat2 slalu Andie, jgan menghindar dari persoalan..bila km ingin hdup nyama hadapi apa yg ada, tegas kan apa yg ada dalam hati kamu, jgan takut Andie

  17. tya

    dasar kampret, bikin susah aja.

    susah’a jd orang udik

    wew ah

  18. icha surya lovering

    jadi tambah kangen ama ibu yg jauh di sana.hikz…

  19. icha surya lovering

    tambah kangen ama ibu yg jauh di sana.hikz

  20. Rangga Yudha

    bagus ceritanya…….semoga yg baca jadi mengerti betapa berharganya seorang IBU

  21. endy

    Ibu… seseorang yang tdk boleh dilupakan, sesibuk apapun harus tetap jd prioritas pertama krna ibu harta yang paling berharga….

  22. choll

    met mojok..:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: